Jumat, 05 November 2010

-8 Jenis Bantuan yang Dibutuhkan Pengungsi Merapi di Posko UGM

Pengungsi Merapi yang berada di Gelanggang Mahasiswa UGM, Yogyakarta, tercatat tak kurang dari 800 orang. Para pengungsi ini kekurangan 8 jenis bantuan, mulai dari alat mandi hingga pakaian dalam perempuan.

Pantauan detikcom, Jumat (5/11/2010) di Gelanggang Mahasiswa UGM, kebanyakan para pengungsi adalah orang dewasa. Mereka membutuhkan alat mandi, selimut, tikar, obat-obatan seperti tetes mata, tandon air, ember, mobil toilet, dan pakaian dalam perempuan.

Para pengungsi di Gelanggang ini datang dari pengungsian di daerah Hargobinangun pada pukul 10.00 WIB. Karena tempat tersebut kurang layak bagi pengungsi akibat banyak angin, maka mereka dipindahkan ke Gedung Purna Budaya (Pusat Budaya Prof Koesnadi).

Angin kencang yang bertiup di sekitar UGM membuat debu-debu vulkanik berterbangan. Pengungsi dan relawan pun mengenakan masker agar tidak menghirup debu-debu berbahaya tersebut.

Dua truk dikerahkan untuk mengangkut para pengungsi menuju lokasi pengungsian baru yang jaraknya sekitar 1 hingga 2 km. Di sana terdapat posko kesehatan yang telah menangani 30 pengungsi pada Jumat ini. Kebanyakan pengungsi mengeluhkan pusing dan sesak nafas.

Posko UGM hingga kini masih menerima pendaftaran relawan. Bagi Anda yang ingin menjadi relawan, dipersilakan datang langsung ke Gelanggang Mahasiswa UGM, Jl Pancasila No 1 Kompleks UGM, Bulaksumur, Sleman, Yogyakarta.

source: detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar