Kamis, 02 Desember 2010

-Korea Utara, Pengekspor Rudal Terbesar di Dunia?

Korea Utara dan Korea Selatan sejak 1950 sudah berseteru. Korea Utara sendiri adalah pengekspor rudal dalam jumlah besar.
Sejak akhir 1980, Korea Utara yang merupakan pemasok potensial menarik diri dari pasaran, menjadi pengekspor rudal terkemuka di dunia. Selama bertahun-tahun, Korea Utara menjual setidaknya ratusan rudal Hwasong-5/6 atau No-dong.
Penjualan ini juga termasuk material, komponen dan teknologi produksi bagi berbagai pelanggan di antaranya Mesir, Iran, Libya, Pakistan, Suriah, Uni Emirat Arab dan Yaman.
Sebagai gantinya, Korea Utara memperoleh uang tunai, minyak dan peluang pengujian senjata di lepas pantai. Dalam kasus Pakistan, mereka memperoleh tambahan informasi soal teknologi nuklir. Namun, beberapa tahun terakhir, penjualan rudal mulai menurun.
Beberapa pelanggan di antaranya Pakistan, Yaman, Uni Emirat Arab, Mesir dan Libya mendapat tekanan politik dari Washington untuk menghentikan kerja sama rudal mereka dengan Korea Utara.
Sebagai tambahan, Pyongyang secara berkala melakukan latihan uji coba terkait proses ekspor rudal yang dianggap berbau politis. Selain itu, Korea Utara juga menolak melakukan kesepakatan dengan Irak pada perang 2003

source: www.inilah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar